04 January 2020

Taksi Uda Menuju BIM


Judul Buku : Taksi Uda Menuju BIM
Penulis : Dra Hj Yenni Putri, MM
Editor : Firdaus Abie
Penerbit : Visigraf



Sinopsis
Di antara kewajiban guru adalah menulis Best Practice (Praktik Terbaik) yang berangkat dari pengalam dalam menyelesaikan masalah pendidik dan tenaga pendidikan. Muaranya diharapkan mampu memperbaiki mutu layanan pendidikan dan pembelajaran.
Sesuai aturannya, penulisan secara runut dimulai dari latar belakang yang menyebabkan penulis pengamatan mau pun penelitian terhadap persoalan yang terjadi di lingkungan pendidikannya, kemudian mencarikan jalan keluar terhadap masalah tersebut.
Buku yang ditulis Dra Hj Yenni Putri, MM, Kepala SMA Negeri 5 Padang, dikemas dengan  cara yang renyah. Tanpa meninggalkan, tanpa mengabaikan hakikat penulisan Best Practice yang digariskan, ia mengembangkan dalam bentuk penulisan ilmiah populer.  Membaca karya tulis ini terasa membaca artikel umum namun tidak keluar dari aspek Best Practice.
Lima naskah yang ada dalam buku ini, semuanya berangkat dari Best Practice pilihan dalam kurun waktu 2015-2019.  Di buku ini tergambar secara nyata persoalan-persoalan yang menjadi fokus bahasannya, kemudian dibahas dengan kemasan yang sangat apik dan semua masalah tersebut memiliki jalan keluarnya sendiri-sendiri.
Yenni Putri yang akrab disapa Bunda Yenni, menawarkan solusi berbeda dari setiap masalah yang dihadapi. Misalnya, ketika di sekolahnya nyaris tak ada aktivitas literasi, khususnya menulis, ia menawarkan langkah-langkah praktis sehingga berlahan dan pasti, budaya literasi tumbuh dan berkembang di sekolah tersebut. Ditemukan hampir disetiap sudut adanya Majalah Dinding (Mading), siswa beserta guru dan ia selaku kepala sekolah telah menulis buku ber-ISBN, sudah ada tabloid sekolah.
Ia mendapati peserta didiknya mengalami kurang percaya diri jika ikut lomba. Mereka merasa, berasal dari sekolah yang jauh dari pusat kota, seakan mindir, padahal kualitas mereka tidak kalah bersaing. Akhirnya, dengan meningkatkan pola komunikasi lahirnya yel-yel yang menjadi salam harian dan sekaligus menghadirkan semangat tersendiri bagi seluruh komponen di SMA Negeri 5 Padang.
Buku ini sangat penting, dan sangat pantas untuk dimiliki, khususnya yang bergerak di dunia pendidikan. Bunda Yenni tak hanya menyuguhkan bagaimana komponen Best Practice, tetapi juga menginspirasi pengembangan tulisan Best Practice tersebut menjadi lebih renyah dan enak untuk dibaca.* 

No comments:

Ruang Buku Karya Dosen Unand

   Suatu ketika, saat podcast dengan Pak Ir  Insannul Kamil , M.Eng, Ph.D , WR III Unand. Kata beliau, Jangan Mengaku Mahasiswa jika tak B...