27 November 2013

Koran tak Akan Mati…!

* Pengenalan Media Bersama Dahlan Iskan



Meneg BUMN Dahlan Iskan disambut GM Rakyat Sumbar Firdaus
Kehadiran Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan pada Pengenalan Media dan Pelatihan Jurnalistik dengan tema; Mengenal Media, Menguasai Dunia, Demi Indonesia, benar-benar dimanfaatkan sedikitnya 200 pelajar dan mahasiswa. Tak hanya memberondong Dahlan Iskan dengan beragam pertanyaan, namun mereka juga “memaksa” Dahlan Iskan untuk sesi foto bersama dan memberikan tandatangan pada sejumlah buku karya pendiri Jawa Pos Group (Grupnya Rakyat Sumbar).

Begitu memasuki studio utama Padang TV di lantai II Graha Pena (Kantor Padang Ekspres Group) di Jalan Adinegoro Padang, Selasa (26/11) kemarin, orang nomor satu di kementerian BUMN tersebut disambut meriah para peserta. Mereka  sudah tidak sabar lagi untuk bertemu langsung dengan tokoh fenomenal tersebut.
Dahlan Iskan pun menyambut antusias mereka dengan sebuah tantangan, “ayo siapa yang mau bertanya. Silakan. Jika perlu, ajukan pertanyaan yang paling sulit. Lebih baik anda yang ajukan pertanyaan dari pada saya ngomong aja,” tantangnya. Tantangan itu disambut tepuk tangan bergemuruh dan banyak yang berminat bertanya.
Setelah mendapat pertanyaan dari pelajar atau mahasiswa, Dahlan Iskan pun kemudian memberikan hadiah berupa buku karnyanya.  Pertanyaan demi pertanyaan meluncur dari sejumlah pelajar dan mahasiswa. Hanya saja, panitia terpaksa membatasi pertanyaan, sebab jadwal Dahlan Iskan sudah sangat singkat. Setelah tampil di kampus IAIN Imam Bonjol, Muhammadiyah Sumbar, dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Dahlan Iskan sengaja mampir pada Pengenalan Media dan Pelatihan Jurnalistik yang diadakan Padang Ekspres Group.
Mantan Dirut  PLN tersebut memberikan motivasi kepada peserta, terkait dengan kekuatiran peserta terhadap akan matinya koran, “ramalan tersebut memang ada. Sejak lama ada yang meramalkan. Sekitar dua puluhan tahun lalu ada yang meramal, bahwa tahun 2000 koran akan mati,” kata Dahlan membenarkan pertanyaan seorang peserta tentang prediksi tersebut.
Hanya saja, Dahlan Iskan melanjutkan, sampai sekarang koran masih tetap eksis. Koran masih terus tumbuh dan berkembang. Malahan koran-koran semakin kreatif dalam menggaet pangsa pasarnya, “jadi jangan pernah takut. Itu ramalan saja. Jika kita tetap optimis dengan apa yang kita kerjakan, maka kita bisa menolak ramalan tersebut,” beber Dahlan Iskan disambut tepuk tangan meriah dari peserta.
Sebelum kehadiran Dahlan Iskan, Pengenalan Media dan Pelatihan Jurnalistik yang dipandu GM Rakyat Sumbar Firdaus dan menghadirkan tiga narasumber sekaligus. Wapemred Padang Ekspres Nasrian Bahzein, Pemred Padang TV Vinna Melwanti, Pemred Padang Today.Com Tandri Eka Putra. 
Ketiga narasumber tersebut membawa peserta untuk memahami keberadaan dan keberagaman media, diantaranya media cetak, televisi dan online, “sekali pun berbeda, namun ketiga  media tersebut memiliki peran besar terhadap maju atau mundurnya suatu bangsa,” kata Nasrian. *


No comments:

Ruang Buku Karya Dosen Unand

   Suatu ketika, saat podcast dengan Pak Ir  Insannul Kamil , M.Eng, Ph.D , WR III Unand. Kata beliau, Jangan Mengaku Mahasiswa jika tak B...