09 May 2021

Kekagetan Salman, Kebahagiaan Zensa


Oleh: Aqua Dwipayana

"Pak Aqua, bagus juga tulisan Zensa. Saya sama sekali tidak menyangka. Ternyata selama ini dia menyimpan bakat terpendam di bidang tulis-menulis," ujar Chief Executive Officer (CEO) PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat Sabtu tadi pagi (8/5/2021). 

Pemilik sekaligus pimpinan tertinggi perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia itu awalnya menunjukkan kekagetannya dengan karya Zensa tersebut. Karena selama ini tidak pernah tahu bahwa binaannya itu punya kemampuan menulis. 

Sesaat setelah menerima dan membaca tulisan berjudul Saat Pensiun Produktif Menulis Buku karya Direktur Eksekutif Everidea Education Bandung yang juga aktivis Pendidikan Zensa Rahman, Salman langsung menyampaikan ke saya komentar di atas. 

Awalnya Salman kirim komentarnya lewat
WhatsApp. Tidak lama kemudian kami komunikasinya melalui telepon. Lebih dari 1,5 jam kami berbicara. Mendiskusikan banyak hal. 

Kami mengawalinya dengan membicarakan tulisan Zensa. Salman menyampaikan kekagetan dan apresiasinya. 

"Ternyata Zensa pintar menulis. Saya baru mengetahui itu setelah membaca karyanya yang Pak Aqua kirimkan ke saya," lanjut Salman.

Memberi Ruang
Menurut anak kedua dari pasangan pendiri sekaligus pemilik Paragon Nurhayati-Subakat Hadi itu, dia senang memiliki teman-teman, panggilan Salman ke jajarannya, yang mempunyai kemampuan menulis. Mereka bisa menyampaikan berbagai pemikirannya lewat tulisan. 

Kepada Salman, saya sampaikan keyakinan bahwa banyak jajarannya baik di Paragon maupun mitra binaannya yang punya kemampuan menulis. Cuma karena selama ini mereka terjebak pada rutinitas pekerjaan sehari-hari sehingga potensi yang dimiliki tersebut tidak muncul. 

Saya menyarankan kepada Salman agar memberi ruang kepada mereka untuk menyalurkan kemampuan menulisnya. Karya-karya tulisnya yang memang layak dipublikasikan bisa dimuat di media-media yang selama ini menjadi mitra Paragon. 

"Siap Mas SALMAN. Mas ZENSA binaan Mas SALMAN. Beliau sangat berbakat menulis. Saran saya seluruh jajaran Mas SALMAN agar didorong untuk membiasakan menulis. Media-media yang selama ini menjadi mitra Paragon bisa dijadikan tempat menampilkan tulisan-tulisan mereka. Aamiin ya robbal aalamiin..." Kata saya menyarankan. 

Saya yakin pemuatan tulisan-tulisan mereka di berbagai media bakal banyak manfaatnya. Di antaranya sebagai apresiasi kepada penulisnya. Pasti mereka yang tulisannya dipublikasikan merasa senang sehingga semangat untuk terus berkarya. 

Juga sebagai ajang kompetisi secara sehat. Mereka berlomba-lomba untuk menampilkan karya tulis terbaik buat  dibaca banyak orang. 

Makin Semangat Menulis
Salman menyimak semua masukan yang saya sampaikan. Pengusaha sukses yang rendah hati itu secara bertahap akan melaksanakan masukan-masukan yang saya sampaikan. 

Sementara Zensa pada kesempatan berbeda, menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaannya. Itu setelah mengetahui tulisannya tersebut dibagikan ke ribuan anggota Komunitas Komunikasi Jari Tangan. 

"Assalamualaikum Pak Aqua. Alhamdulillah suatu kehormatan buat saya, Pak Aqua berkenan mengirimkan tulisan saya ke seluruh anggota Komunitas Komunikasi Jari Tangan yang selama ini menjadi mitra bapak. Salam produktif sepanjang hayat! Terima Kasih Banyak!!!🙏🏻" Ujar Zensa. 

"Aww, siap Mas ZENSA. Alhamdulillah... Saya tunggu tulisan2 yg lainnya ya. Makasih banyak Mas ZENSA." Respon saya. 

"Aamiin! Insya ALLAH Pak Aqua dengan senang dan berbangga hati! Selamat berkegiatan Pak Aqua😁🙏🏻" Pungkas Zensa. 

Semoga Zensa dan kawan-kawannya atas dorongan dari Salman makin semangat untuk menulis dan membagikannya ke banyak orang. Aamiin ya robbal aalamiin... 

>>>Saat sedang santai di Bogor sambil menikmati bulan suci Ramadhan, saya ucapkan dengan selamat memotivasi banyak orang untuk mengembangkan kreativitas dan inovasinya. Salam hormat buat keluarga. 15.15 08052021😃<<<

No comments:

Ruang Buku Karya Dosen Unand

   Suatu ketika, saat podcast dengan Pak Ir  Insannul Kamil , M.Eng, Ph.D , WR III Unand. Kata beliau, Jangan Mengaku Mahasiswa jika tak B...