13 March 2020

Teruslah Bergerak, Teruslah Berkarya!




Hadir di tengah-tengah mereka, di depan siswa, di dalam kelas, terasa adem. Menikmati suasana kelas tak hanya mengantarkan kenangan ke masa lalu. Ketika saya menjadi seperti mereka.
Kini, hadir di tengah-tengah mereka, berbagi ilmu menulis, sangat menyenangkan. Apalagi ketika mereka memanfaatkan pertemuan terbatas tersebut dengan aktif berdiskusi, lalu menuliskan pikiran mereka dalam tulisan, setelah itu ditindaklanjuti dengan evaluasi bersama. Seru dan sangat menyenangkan.
Kehadiran kelas Bengkel Literasi Rakyat Sumbar di SMAN 1 Padang, terkait undangan Ekskul Menulis di sekolah tersebut. Pengelolaan menulis secara internal, di sekolah tersebut, sangat terasa. Secara berkelanjutan, mengadakan sayembara menulis setiap tahun. Tahun ini, saya didaulat menjadi juri. Ada banyak tulisan yang masuk.
Saya memberikan catatan ringan terhadap semua naskah pemenang. Panitia dan peserta, khususnya pemilik naskah tersebut, menerima catatan tersebut.
"Saya abai saat melakukan koreksiannya, pak," kata salah seorang pemenang.
Kendati ada koreksian terhadap naskahnya, namun karyanya masuk tiga besar. Koreksian untuk naskahnya tidak banyak dan naskahnya tersebut masih lebih baik dibandingkan naskah lainnya.
Teruslah bergerak. Teruslah berkarya!

No comments:

Ruang Buku Karya Dosen Unand

   Suatu ketika, saat podcast dengan Pak Ir  Insannul Kamil , M.Eng, Ph.D , WR III Unand. Kata beliau, Jangan Mengaku Mahasiswa jika tak B...