31 October 2019

"Anak-anak Saya Semangat Lagi, Pak"


"Anak-anak saya semangat lagi, pak"
"Alhamdulillah," jawabku.
"Mereka meminta agar sanggar sastra diaktifkan kembali. Kepsek dan guru lain mendukung," katanya.
Saya tersenyum. Turut bahagia ketika melihat rona penuh semangat dari Nova Yarnis Zhafran, guru Bahasa Indonesia SMP 29 Sijunjung.
Beliau menyampaikan kegembiraannya, kurang dua bulan sejak kami pertama kali bertemu. Pertemuan pertama ketika aku diminta berbagi bekal menulis sastra kepada guru SMP sekabupaten Sijunjung oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab Sijunjung. Buk Nova salah seorang peserta.
Berbagi selama sekitar satu jam berbagi, peserta langsung mempraktekkan kiat praktis menulis tersebut. Hasilnya, sejumlah guru berhasil menyelesaikan secara maksimal. Salah satu di antaranya buk Nova.
Beliau langsung membacakan karyanya. Selesai membacakan karya tersebut, beliau juga mendapat tepuk tangan meriah. Naskah tersebut kemudian dievaluasi secara bersama. Setelah dibenahi sedikit, beliau aku meminta naskah tersebut.
"Ketika dimuat di Harian Umum Rakyat Sumbar, saya melaporkan kepada Kepsek dan kemudian menerbitkan di majalah dinding," kata buk Nova yang juga Ketua MGMP Bahasa Indonesia Gugus I Kab Sijunjung.
Hebatnya, bersama wadah berhimpun guru yang dipimpinnya, beliau kemudian menginisiasi acara serupa di SMPN 2 Sijunjung. Hajatan tersebut disambut positif seluruh guru bahasa Indonesia.

No comments:

Ruang Buku Karya Dosen Unand

   Suatu ketika, saat podcast dengan Pak Ir  Insannul Kamil , M.Eng, Ph.D , WR III Unand. Kata beliau, Jangan Mengaku Mahasiswa jika tak B...