Oleh: Firdaus Abie
Dulu. Dulu sekali. Aku punya teman. Aku merasa, ia teman akrabku
semasa SD, tapi aku tak tahu, apakah ia juga merasakan hal yang sama? Entahlah!
Selama enam tahun di SD, kami
selalu satu kelas. Kami selalu semeja.
Kadang aku di kiri, kadang di kanan. Posisi duduk kami sembarangan saja, tidak
seperti anak-anak lain. Ia tak banyak bicara, tetapi ia selalu ceria.
Sepanjang waktu bersama itu, apa
yang membuat aku suka berteman dengannya? Salah satunya, ia sering bawa pena
atau pensil lebih. Juga selalu membawa buku kosong. Terhadap tiga hal ini, aku
sering keteteran. Terkadang lupa bawa pena. Lupa bawa pensil. Tak jarang pula
lupa bawa buku secara lengkap. Ah..!
Setiap aku lupa, lalu meminta ke
teman tersebut, ia dengan senang hati meminjamkannya. Selesai semua pelajaran,
pena dan pensil akan aku kembalikan. Jika pinjam buku kosong tersebut, ia akan
menyimpannya kembali.
“Untuk besok lagi,” katanya,
ketika itu.
Selama itu pula, aku tak pernah
mendengar, atau setidaknya, tak pernah terdengar cerita dari teman ke teman
tentang aku sering lupa bawa pena, pensil atau buku. Artinya, Ia adalah teman
yang bisa menyimpan rahasia, atau setidaknya menganggap sesuatu yang biasa
terhadap apa yang terjadi.
Saya juga sering main ke
rumahnya. Kedua orang tuanya sangat baik. Adik-adiknya juga baik. Menariknya,
dua adik di bawahku, juga sebaya dengan dua adik di bawahnya. Mereka juga
berteman. Aku juga sering disuguhi makan
oleh Mamanya.
Ketika kami SMP, sekalipun
sekolahnya sama, namun tak sekelas lagi. Belum tuntas Ia menyelesaikan SMP,
papanya dapat tugas baru. Ia harus pindah kota. Sejak itu, kami tak pernah lagi
bertemu. Tak bersua itu berlanjut puluhan tahun kemudian, hingga sempat dua
kali bertemu secara tak sengaja, belasan tahun silam.
Ketika aku teringat dia, aku juga
teringat kelakuan sering tidak bawa pena, pensil atau buku, saat masih SD Dulu.
Aduh, kelakuanku!
Ah, tapi itu dulu. Dulu sekali.
Puluhan tahun silam. Semoga sahabatku, selalu dalam lindungan Allah yang Maha
Kuasa.*
No comments:
Post a Comment